Langsung ke konten utama

Alienasi Manusia Modern

Alienasi artinya suatu cara pengalaman hidup dimana seorang mengalami dirinya sebagai sosok terasing. Boleh dikata, ia merasa asing dengan dirinya sendiri. Ia tidak mengalami dirinya sendiri sebagai pusat dunianya sebagai pencipta aktivitas-aktivitas sendiri. Manusia yang terasing, keluar dari sentuhan dengan dirinya sendiri dan orang lain sebagai benda, dengan akal sehat dan perasaan, tapi serentak juga mengalami ketiadaan hubungan dengan diri sendiri dan dengan dunia luar secara produktif.
            Tema dasar dari semua tulisan Erich Fromm adalah individu yang merasa kesepian dan terisolir karena ia dipisahkan dari alam dan orang-orang lain. Keadaan isolasi ini tidak ditemukan dalam bentuk spesies binatang, itu adalah situasi khas manusia. Dalam konsep relatedness Erich Fromm, manusia mempunyai kebutuhan untuk mengatasi kesendirian dan terisolasi dari alam dan dirinya sendiri. Selain itu, individu mampu menjadi pencipta (trancendency), karena individu menyadari dirinya sendiri dari lingkungannya, mereka kemudian mengenali betapa kuat dan menakutkan alam semesta itu yang membuatnya merasa tidak berdaya. Maka dalam kenyataannya, manusia menciptakan banyak hal untuk mengatasi dan mempermudah problem kesehariannya, seperti teknologi, teknologi diciptakan manusia, berkembang pesat dari mulai yang sederhana sampai yang sangat kompleks (canggih). Namun ternyata dalam kaitannya dengan konsep alienasi yaitu keterasingan, teknologi ini mengantar manusia pada keterasingan individu. Manusia menjadi makhluk terasing dari lingkungan sekitarnya, individu hanya terfokus pada dirinya. Sebagai contoh teknologi internet yang telah berkembang dengan pesatnya. Manusia seperti mempunyai ketergantungan yang begitu besar terhadap cyber world ini. Bahkan beberapa menjadi candu terhadap cyber world. Menurut Erich Fromm, akibat dari alienasi yang telah parah dapat menyebabkan hilangnya kontak dengan dunia nyata (schizophrenia). Schizophrenia menjadi salah satu bentuk masyarakat, karena penderitaan-penderitaan yang diakibatnya tak mampu berfungsi di dalam sistem sosial manapun.
            Pendapat Karl Marx yang telah ditulis oleh Erich Fromm dalam bukunya menyatakan bahwa, “tiap orang berspekulasi menciptakan suatu kebutuhan baru dalam diri orang lain, memaksa dia masuk ke dalam suatu ketergantungan baru, bentuk kesenangan baru, dan karena itu ekonominya hancur... dengan menumpuknya barang-barang komoditas, tampillah dunia benda-benda yang asing, yang memperbudak manusia”. Poin penting dalam tulisan ini yaitu benda-benda, dalam pembahasan ini teknologi telah memperbudak manusia karena ketergantungannya dengan teknologi tersebut. Namun hubungannya dengan konsep relatedness Erich Fromm, manusia mampu mengatasinya, salah satunya dengan cara meningkatkan kesadaran yang merupakan langkah pertama yang perlu diambil dalam proses penyembuhan. Sehingga manusia menjadi pribadi yang produktif dan tidak teralienasi, pribadi yang menghubungkan dirinya sendiri dengan dunia, dan menggunakan akal budinya untuk menangkap realita secara objektif, yang merasa dirinya sendiri sebagai satu kesatuan individu yang unik

Referensi:
Allen, Bem P. 1940. Personality Theories: Development, Growth, and Diversity. United State of America: Allyn and Bacon
Fromm, Erich. 1968. The Revolution of Hope: Toward a Humanized Technology. Jakarta: Pelangi Cendikia
Fromm, Erich. 1955. The Sane Society. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

http: www.psychologymania.com. Erich Fromm (Teori Psikologi Sosial). Online. 28 April 2013. 19.00 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN DAN PERBEDAAN TAUHID DENGAN ILMU ‘AQAID, ILMU KALAM, USHULUDDIN, DAN THEOLOGI ISLAM

Tauhid, ilmu ‘aqaid, ilmu Kalam, Ushuluddin, dan Theologi Islam merupakan ilmu yang mempunyai pembahasan yang hamper sama. Ilmu-ilmu tersebut mempunyai hubungan yang sangat erat, sehingga tidak mudah untuk membedakan antara ilmu yang satu dengan ilmu yang lain. Berikut adalah pengertian dari masing-masing ilmu tersebut, antara lain: 1.      Tauhid Tauhid ialah percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa (mengesakan Tuhan), tidak ada sekutu bagiNya. Mengesakan Allah pada sesuatu yang menjadi kekhususanNya, baik Rububiyah, Uluhiyah, atau Asma serta sifat-sifatNya. 2.     Ilmu ‘Aqaid ‘Aqaid artinya simpulan, yakni kepercayaan yang tersimpul dalam hati, menjadikan rasa yakin pada diri tanpa tercampuri oleh keraguan dan kebimbangan. Ilmu ‘Aqaid adalah ilmu yang membahas kepercayaan-kepercayaan fundamental (mendasar) dalam Islam. 3.     Ilmu Kalam Ilmu Klam adalah ilmu yang membahas tentang Tuhan dengan mendasarkan pada argument logika a...

PERSPEKTIF BEHAVIORAL

Psikologi merupakan ilmu tentang perilaku atau aktivitas-aktivitas individu (Branca, 1964; Morgan, dkk., 1984; Sartain, dkk., 1967; Woodworth dan Marquis, 1957). Perilaku menurut B. F. Skinner (1904) adalah hasil dari rangsangan antara stimulus dan respon pada diri seseorang. Dalam psikologi terdapat lima perspektif utama tentang perilaku manusia, salah satunya adalah perspektif behavioral, kekuatan lingkungan ( the power of the environmental ). Sebagaimana diketahui perilaku atau aktivitas yang ada pada individu atau organisme itu tidak timbul dengan sendirinya, tetapi sebagai akibat dari stimulus yang diterima oleh organisme yang bersangkutan baik stimulus eksternal maupun stimulus internal. Namun demikian sebagian terbesar dari perilaku organisme itu sebagai respon terhadap stimulus eksternal (Prof. Dr. Bimo Walgito, 1978:13). Dua perspektif dalam memaknai perilaku (behavior) yaitu 1) Perspektif yang pertama, keseluruhan bentuk respon individu terhadap stimulus (lingkungan),...

cerpen "Kebiasaan Pelupa"

Siang hari, Annida mengayuh sepeda sekuat tenaga. Dia ingin ingin sampai rumah. “huft,, panass banget,” keluhnya. Memang hari ini matahari bersinar begitu terik. Namun tiba-tiba srreeettttt… Annida menarik remnya dengan sekuat tenaga. “astaghfirullah, buku catatanku ketinggalan”. Annida teringat bahwa buku catatannya teringgal di tempat fotocopy. Terpaksa dia harus mengayuh sepedanya ke arah sekolah lagi. Setelah mengambil buku catatannya, Annida langsung pulang. Sesampainya di rumah dia langsung menuju kamarnya. Annida langsung menghempaskan tubuhnya di kasur empuknya. Tiba-tiba terdengar suara kakaknya linda. “Annida!! Kebiasaan.. sepatu langsung taruh di rak sepatu, jangan taruh depan pintu.” Annida yang kecapekan hanya menoleh dan melanjutkan tidurnya. Satu jam kemudian Annida baru beranjak dari kamarnya dan keluar untuk cuci tangan. Annida adalah seorang yang sangat pelupa, sehingga dia lupa menutup keran air. Tiba-tiba ibu Annida datang dan mengomel. Annida dinasehati oleh ibunya...