Langsung ke konten utama

MANUSIA MENURUT PANDANGAN AL QUR’AN

Al Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang merupakan bacaan sempurna bagi seluruh umat manusia. Di dalam Al Qur’an memuat berbagai konsep kehidupan, baik yang fisik maupun nonfisik. Dari sekian banyak permasalahan yang dibahas di dalam Al Qua’an, terdapat uraian mengenai konsep tentang manusia.
Menurut Abdul Rahman Shaleh dalam bukunya yang berjudul “Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam”, menyebutkan bahwa konsep manusia adalah konsep sentral bagi setiap disiplin ilmu social kemanusiaan yang menjadikan manusia sebagai objek formal dan materialnya. Agar konsep manusia yang kita bangun bukan semata-mata merupakan konsep yang spekulatif, maka kita mesti bertanya pada Dzat yang mencipta dan mengerti manusia, yaitu Allah SWT melalui Al Qua’an. Lewat Al Qur’an Allah SWT memberikan rahasia-rahasia tentang manusia. Al Qur’an memberikan gambaran tentang manusia sebagai berikut:
a.    Menggunakan kata yang terdiri dari huruf alif, nun, dan sin semacam insane, ins, nas, atau unas. Kata insan terambil dari kata uns yang berarti jinak, harmonis, dan tampak. Kata insane digunakan Al Qur’an untuk menunjukkan kepada manusia dengan segala totalitasnya, jiwa, dan raga. Manusia yang berbeda antara seseorang dengan yang lain, akibat perbedaan fisik, mental, dan kecerdasan.
b.    Menggunakn kata basyar. Kata basyar terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti “mentampakkan sesuatu dengan baik dan indah”. Dari akar kata yang sama lahir kata basyarah yang berarti kulit. Manusia dinamai basyar kerena memiliki kulit yang jelas dan berbeda dengan kulit binatang yang lain. Proses kejadian manusia sebagai basyar melalui tahap-tahap sehingga mencapai tahap kedewasaan. Sebagaimana  dijelaskan dalam Al Qur’an Surah Ar Ruum ayat 20: “dan di antara tanda-tanda kekuasaan Nya (Allah) menciptakan kamu dari tanah, kemudian ketika kamu menjadi basyar kamu bertebaran”
c.    Menggunakan kata Bani Adam dan dzuriyat Adam. Penggunaan kata ini menunjukkan bahwa manusia yang terlahir sesudah ada pada dasarnya merupakan adam sebagai manusia pertama dan menjadi keluarga alam. (Shihab: 1996)
Manusia diciptakan dari tanah melalui proses yang disempurnakan, kemudian ditiupkan ruh dar Tuhannya. Dari hal tersebut jelas bahwa manusia merupakan kesatuan dua unsure pokok yang tidak dapat dipisahkan. Pada manusia prinsip itu terbentuk melalui penggabungan jenis tubuh (jasad) yang bersifat material dan jiwa (nafs) yang immaterial. Sifat material jasad menjadikannya bersifat mekanistik dan tidak dinamis. Ia hanya terdiri dari sebuah system yang sudah teratur tetapi pada saat yang sama membawa potensi hawa. Sedangkan sifat immaterial jiwa menjadinkannya dinamis, tetapi tidak dapat mengaplikasikan potensi dinamisnya. Oleh karena nya membutuhkan penyatuan (unity) agar potensinya dapat menjadi lebih stabil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh-Contoh Paragraf (Tugas Bahasa Indonesia)

1.   Paragraf Deduktif Yaitu paragraf yang pikiran utamanya terletak di awal paragraf, diikuti dengan rincian-rincian atau penjelasan. Pengembangan Koperasi Mahasiswa Pengembangan koperasi mahasiswa sangatlah penting dilakukan, karena koperasi mahasiswa merupakan tempat membentuk kader-kader koperasi. Dengan adanya koperasi mahasiswa dimaksudkan untuk memberi wadah bagi mahasiswa untuk berkoperasi secara riil. Hal lain yang menjadi alasan mengapa harus ada pengembangan koperasi mahasiswa yaitu koperasi memiliki peran sebagai lembaga ekonomi yang berwatak sosial yang bertujuan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan anggotanya. 2.   Paragraf Sebab-Akibat Yaitu paragraf berisi kalimat yang menjadi sebab (berfungsi sebagai pikiran utama) kemudian diikuti oleh akibat (merupakan pikiran penjelas). Mahasiswa Menyiapkan Diri Menhadapi UAS UAS (Ujian Akhir Semester) merupakan proses terakhir dari satu semester yang telah dijalani. Bagi mahasiswa, UAS adalah suatu ha...

PERSPEKTIF BEHAVIORAL

Psikologi merupakan ilmu tentang perilaku atau aktivitas-aktivitas individu (Branca, 1964; Morgan, dkk., 1984; Sartain, dkk., 1967; Woodworth dan Marquis, 1957). Perilaku menurut B. F. Skinner (1904) adalah hasil dari rangsangan antara stimulus dan respon pada diri seseorang. Dalam psikologi terdapat lima perspektif utama tentang perilaku manusia, salah satunya adalah perspektif behavioral, kekuatan lingkungan ( the power of the environmental ). Sebagaimana diketahui perilaku atau aktivitas yang ada pada individu atau organisme itu tidak timbul dengan sendirinya, tetapi sebagai akibat dari stimulus yang diterima oleh organisme yang bersangkutan baik stimulus eksternal maupun stimulus internal. Namun demikian sebagian terbesar dari perilaku organisme itu sebagai respon terhadap stimulus eksternal (Prof. Dr. Bimo Walgito, 1978:13). Dua perspektif dalam memaknai perilaku (behavior) yaitu 1) Perspektif yang pertama, keseluruhan bentuk respon individu terhadap stimulus (lingkungan),...

SPIRITUAL INTELLIGENCE

       Kecerdasan dalam Bahasa Inggris disebut Intelligence dan dalam Bahasa Arab disebut Al Dzaka , menurut arti bahasa adalah pemahaman, kecepatan, dan kesempurnaan sesuatu. Dalam arti, kemampuan (Al Qudrah) dalam memahami sesuatu secara cepat dan sempurna. Menurut Thorndike sebagai seorang tokoh koneksionisme mengemukakan pendapatnya bahwa, “Intelligence is demonstrable in ability of the individual to make good responses from the stand point of truth or fact”.       Spritual adalah dasar bagi tumbuhnya harga diri, nilai-nilai moral, dan rasa memiliki. Ia memberi  arti bagi kehidupan tentang kepercayaan mengenai adanya kemampuan non fisik yang lebih besar daripada kekuatan diri.       Dari pengertian kecerdasan dan spiritual yang telah dipaparkan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual yaitu kemampuan seseorang untuk menghadapi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan nilai, batin, ...